SELAMAT DATANG DI DETASEMEN PERALATAN DIVISI INFANTERI 1 KOSTRAD

Rabu, 01 Mei 2013

Prajurit Melaksanakan Kesegaran Jasmani Periodik I TA 2013

gambar text disamping

Samapta Periodik I TA 2013 prajurit Denpal Divif 1 Kostrad berlangsung dalam sepekan ini. Kegiatan dimulai pada tanggal 30 April sampai dengan 01 Mei 2013 dilaksanakan di Lapangan Hitam Divif 1 Kostrad, Cilodong.

Untuk Test kesegaran “A” yaitu lari dengan jarak 3200 M untuk ini merupakan Batrai baru A. Pada kesemampataan sebelumnya masih berlaku metode lama, yang mana pada metode lama kesegaran “A” lari berdasarkan waktu 12 menit, untuk penilaian bedasarkan berapa jarak yang ditempuh selama 12 menit tersebut. Sedangkan pada metode baru, Batrai “A” lari sejauh 3200 meter, sedangkan untuk penilaian berdasarkan berapa waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak 3200 meter tersebut.

Untuk Test Kesegaran B1 sampai dengan B4, tidak mengalami perubahan dalam hal penilaian dan masih menggunakan Metode yang lama. Metode Batrai “A” ini mengacu pada Skep Kasad No: Kep/ 83 / III / 2013, tentang pemberlakuan test kesegaran jasmani lari 3200 Meter, Peraturan Kasad Nomor Perkasad/251/XII/2007 tanggal 28 Desember 2007 tentang bujuk teknik test dan pengukuran Jasmani, Surat keputusan Kasad No Skep/590/XII/2005 tanggal 12 Desember 2005 tentang Bujuk test Kesemaptaan Jasmani Prajurit dan Calon Prajurit (Pendaftar), Surat Kadisjasad Nomor B/ 84 / I / 2013 tanggal 30 Januari 2013 tentang Permohonan keputusan tabel nilai test kesegaran jasmani “A” lari 3200 Meter hasil kajian dan uji coba.

Kesemaptaan ini merupakan Program dibidang Jasmani Militer yang bertujuan untuk mengukur kemampuan jasmani perorangan juga untuk membentuk Prajurit yang memiliki daya tahan tubuh yang prima serta memiliki kesegaran jasmani yang siap untuk melaksanakan tugas pokoknya dengan baik. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai dalam kegitatan ini adalah agar para Prajurit mempunyai tingkat kesegaran jasmani yang tinggi, sehinga dalam melakukan suatu kegiatan tidak mengalami kelelahan yang berarti dan selalu dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Dalam pelaksanaan samapta periodik I TA 2013, jadwal diatur menjadi 2 gelombang, hal ini dimaksudkan agar rutinitas pekerjaan sehari-hari tidak mengalami penundaan. Sehingga kegiatan kesemaptaan ini dapat berjalan dengan maksimal dan tidak terjadi penumpukan baik pekerjaan kantor maupun personil yang akan melaksanakan kegiatan kesamaptaan.

Selama kegiatan berlangsung Tim Kesehatan dari kesehata Divif 1 Kostrad juga ikut memberikan dukungan dengan menempatkan tenaga medis beserta 1 unit mobil Ambulance untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan serta mampu memberikan pertolongan pertama dan mempermudah proses Evakuasi jika diperlukan. Selain itu, Tim kesehatan juga melaksanakan test denyut nadi awal dan tensi darah sebelum para peserta melaksanakan kegiatan kesamaptaan ini.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar